Minggu, 08 April 2012

Valentino Rossi Berburu Posisi Start Baris Kedua di Qatar

       rossilosailqatarfp3
Valentino Rossi mengakui kalau dirinya mampu mencatatkan waktu dengan konsisten saat mempergunakan ban keras yang ia pergunakan saat membesut motor Desmosedici GP12 dalam sesi free practice ketiga MotoGP Qatar yang dihelat di Sirkuit Losail Sabtu dinihari.

Dengan memakai ban lunak saat terakhir kalinya turun ke lintasan, pembalap Ducati tersebut menyelesaikan sesi latihan bebas terakhir di posisi kedelapan, walaupun catatan waktunya masih menyisakan gap 1.2 detik dari pacesetter.
Tetapi, selain bermasalah oleh understeer, Valentino Rossi menyakini jika dirinya dapat menjinakkan tenaga agresif dari motor 1000ccnya akan mampu membantunya untuk melaju lebih kencang.
“Front end motornya sudah memberikan lebih banyak respon seperti motor yang normal, jadi saya bisa lebih memaksimalkannya dan ini sangat penting,” kata Rossi mendeskripsikan front end feeling yang sudah jauh lebih baik.
“Tetapi kami harus tenang dan tetap berkonsentrasi karena gejala understeer masih menjadi masalah terbesar.
“Kami mempergunakan ban lunak pada akhir sesi, tetapi belum sempat memakainya lebih lama. Ban keras terasa lebih baik terutama karena saya melakukan beberapa putaran dengan konsistensi yang bagus, bahkan 22 atau 23 lap dengan memakai ban yang sama.
“Bridgestone sudah lebih baik soal keamanan ban karena dapat memanas lebih cepat, tetapi ban tersebut kehilangan sejumlah performanya. “
Motor Ducati mampu mendominasi raihan top speed dalam sesi latihan bebas tetapi menurut Valentino Rossi perbedaan kecepatan sebesar 10 atau 15 km/h tidak memberikan perbedaan mencolok, “Namun saat ada pembalap yang berada di samping Anda dengan kecepatan 15 km/h lebih cepat, maka kecepatan tersebut bisa mengesankan Anda.”
Tiga pembalap Ducati menyelesaikan FP3 di urutan ke-6 hingga ke-8 dan Rossi mengakui kalau gap yang memisahkan mereka tidaklah besar, “Nicky Hayden membalap dengan baik, Hector Barbera pasti sedang mengikuti pembalap lain saat itu, tetapi bagaimanapun dia melakukan pekerjaan yang bagus.”
Babak kualifikasi akan berlangsung pada Sabtu malam dan Valentino Rossi mengungkap targetnya, “Start baris kedua masih berada dalam jangkauan kami. Kemudian, kami perlu membenahi kecepatan saat balapan. Dengan 0.2 atau 0.3 detik lebih cepat, kami bisa membalap bersama grup yang ada di depan kami.” DynamicOxygen.com - Enjoy High eCPM Rates!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More