Minggu, 08 April 2012

MotoGP Qatar: Yamaha Kompetitif Sejak Awal


jorgeqatarlosailfp1
Para pembalap Yamaha Factory dan Yamaha Tech3 mampu memberikan teror bagi rival mereka dalam sesi free practice pertama MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail malam kemarin.

Jorge Lorenzo menjadi pembalap tercepat kedua dalam sesi latihan bebas yang dihelat selama 45 menit tersebut. Catatan waktunya berselisih 0.174 detik lebih lambat dari pembalap tercepat yang merajai sesi FP1 yakni Casey Stoner.
Sedangkan Ben Spies akhirnya finish keempat dengan gap 0.5 sekon dari Stoner setelah berulangkali pembalap asal Texas tersebut menghuni posisi teratas dan mendominasi jalannya sesi free practice pertama.
Sementara dari tim satelit, Cal Crutchlow juga sempat memimpin sesi latihan bebas sebelum akhirnya harus puas finish keenam. Sayangnya Andrea Dovizioso hanya mampu memperoleh tempat kedelapan .
“Start yang bagus meskipun kondisi treknya sangat kotor,” kata Jorge Lorenzo yang belum pernah memenangkan balapan di Qatar. “Kami sangat jauh dari catatan waktu yang kami dapat pada tahun lalu tetapi semua pembalap juga demikian. Saya merasa baik, kami berada di atas dekat Casey dan motornya, treknya dan performa saya akan lebih baik lagi besok. Pada akhir sesi kami membuat sebuah perubahan kecil untuk menghasilkan grip belakang di semua tikungan yang sudah membantu kami untuk mempercepat catatan waktu.”
Teammatenya Ben Spies mengatakan, “Saya senang dengan hasil yang kami raih malam ini, pada umumnya kami sangat dekat dengan pembalap terdepan. Nampaknya motor ini bekerja sangat baik. Kami hanya melakukan dua perubahan kecil dan memakai ban yang sama. Kami meraih fastest lap saat bannya terdegradasi setelah melakukan banyak putaran. Saya sangat senang dengan performa motornya. Kami sudah mengetesnya di Sepang, Jerez dan di sini dan motornya bagus secara keseluruhan. Jadi saya senang terhadap motor, tim dan saya sendiri. Kami harus tetap bekerja dan mempertahankan momentum ini.”
Yamaha mengklaim bahwa performa yang menjanjikan pada sesi free practice merupakan pertanda kalau Yamaha telah dapat menyeimbangkan kekuatan terhadap Repsol Honda yang mendominasi pertempuan MotoGP musim lalu.
Team manager Wilco Zeelenberg menjelaskan, “Posisi kedua merupakan tempat yang sangat bagus dan kami senang hanya berada 0.1 detik dari Casey. Sepertinya apa yang sudah kami pelajari dan selesaikan selama tes pra musim bekerja di sini. Jorge membalap sangat baik, tenang dan santai serta fokus. Jadi saya yakin kami bisa melakukan sejumlah terobosan saat treknya sudah sedikit bersih. Mari kita lihat bagaimana besok.”
Sementara Massimo Meregalli menambahkan, “Sungguh awal yang menjanjikan, dasar motornya sangat bagus seperti yang dapat Anda lihat, empat pembalap Yamaha kompetitif sejak awal.” DynamicOxygen.com - Enjoy High eCPM Rates!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More