Minggu, 08 April 2012

Nicky Hayden Puas, Valentino Rossi Cemas

rossilosailfp1
Valentino Rossi merasa cemas setelah mengakhiri sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar di posisi kesepuluh. Catatan waktu Pembalap Ducati tersebut menghasilkan gap sebesar 1.4 detik lebih lambat dari Casey Stoner yang menjadi rider tercepat.

Trek kotor Sirkuit Losail menyebabkan Valentino Rossi mengalami banyak sliding yang menyulitkannya untuk memanfaatkan tenaga belakang motor Desmosedici GP12-nya untuk membantunya saat menikung dan mengakibatkannya melebar. Selain mengalami gejala understeer, The Doctor juga bermasalah terhadap kurangnya daya cengkeram saat berakselerasi.
Menurut Rossi perbaikan masalah besar yang dihadapinya tersebut menjadi kunci untuk dapat tampil maksimal saat balapan MotoGP Qatar berlangsung pada Minggu malam, dan juara dunia MotoGP sebanyak tujuh kali tersebut berkata: “Kami harus memperbaiki penampilan kami di banyak tikungan. Saya memiliki banyak permasalahan pada akselerasi karena saya mengalami banyak wheelie dan sliding.
“Tetapi bagi saya masalah terbesar tersebut akan menjadi hal yang penting untuk balapan nantinya. Saat ban belakang mulai mengalami sliding membuat kami kesulitan untuk menikung.
“Situasi ini menghasilkan lebih banyak understeer dan memasukkan saya ke dalam masalah. Inilah masalah besar yang sangat saya khawatirkan karena ini sangat penting untuk balapan. Besok kami akan mencoba untuk melakukan yang lebih baik.”
Valentino Rossi menghabiskan 45 menit sesi free practice pertama dengan memakai ban Bridgestone berkompon keras dan Rossi merasa yakin andai dirinya mempergunakan ban lunak, maka ia dapat memangkas waktu seperti teammatenya Nicky Hayden yang mampu finish di posisi ketiga.
Pembalap berusia 33 tahun tersebut menambahkan: “Nicky dapat melaju satu detik lebih cepat saat memakai ban lunak, jadi saya pikir saya bisa melakukannya hal serupa. Penting untuk bisa melesat kencang dengan memakai ban lunak untuk kualifikasi. Tetapi ban keraslah yang akan dipakai untuk balapan.”
Sedangkan Nicky Hayden mengaku puas terhadap performanya saat menjalani sesi FP1. Catatan waktu yang diraih Hayden terpaut satu detik lebih cepat dari lap time terbaik Valentino Rossi.
Nicky Hayden mengatakan: “Sesi pertama berjalan dengan baik dan trek ini berbeda daripada di Jerez, lebih terbuka dan lebar. Treknya sangat kotor dan grippy yang sedikit membantu kami. Kami memulai sesi dengan memakai ban keras dan kemudian berganti ke ban lunak saat terakhir kakinya turun ke lintasan dan saya bisa mencatatkan waktu bagus.
“Secara umum kami sangat cepat dan konsisten dan tentunya saya sudah pernah menjalani sesi yang lebih buruk di sini, tetapi kami akan tetap tenang dan mencoba untuk berbenah serta memperoleh start bagus pada Sabtu malam. Ini hanyalah satu sesi. Akan menyenangkan untuk mengantar tim ini meraih hasil yang pantas.” DynamicOxygen.com - Enjoy High eCPM Rates!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More